fbpx
Serba Viral
Semua yang viral ada disini

Cara Menambahkan Memori Internal Android

Cara Menambahkan Memori Internal Android – Aplikasi yang semakin beragam mulai bermunculan, banyak nya aplikasi dengan berbagai ukuran kapasitas mulai kita download dan instal di hp kita, tentu saja itu memakan memori internal android kita, jika sudah penuh lantas bagaimana cara menambahkan memori internal android kita? Untuk yang berbayar kalian bisa upgrade dengan membeli memori internal android yang baru dengan kapasitas yang besar, lalu bagaimana jika mau yang gratisan?

Bagi kita yang hanya bermodalkan sedikit untuk memiliki android dengan memori pas pas an, pasti kewalahan jika memori internal android sudah mulai penuh dan tidak mampu membeli memori internal baru yang lebih besar. Biasanya kita menghapus sebagian data dan aplikasi-aplikasi yang dianggap terlalu besar dan tidak berguna.

Tetapi jika kalian telah membaca artikel ini kalian tidak perlu menghapus data maupun uninstal aplikasi lain, kalian bisa menambahkan memori internal android dengan cara melakukan partisi dengan memori card atau memori eksternal pada android kalian yang nantinya akan menjadi bagian dari memori internal.

Sebelum melakukan partisi memori eksternal ada baik nya kalian memastikan kualitas kecepatan dan kualitas nya cukup baik, dan ukuran nya lebih dari 10 atau 16 GB agar ada sedikit ruang untuk memori eksternal nantinya.

Untuk itu mari kita lanjutkan caranya dibawah ini bagaimana cara menambahkan memori internal android .

Cara Partisi Memori Eksternal/SD Card Agar Menambahkan Memori Internal Android

  • Pastikan terlebih dahulu kalian telah membackup data yang ada pada memori eksternal/SD Card kalian ke Flash Disc menggunakan USB OTB atau kalian simpan di PC terlebih dahulu, jika sudah lanjut ke tahap berikutnya.
  • Setelah data di Backup, silahkan kalian format terlebih dahulu memori eksternal nya di pengaturan android kalian atau di format melalui PC.
  • Lalu setelah selesai kalian format, langkah selanjutnya adalah melepas sd card atau kartu memori kalian, yang dilakukan melalui menu pengaturan di ponsel smartphone android kalian, lalu setelah itu cari dan pilih di bagian penyimpanan atau storage, jika sudah maka silahkan kalian cari pilihan lepaskan kartu sd atau bisa juga unmount external storage.
  • Langkah selanjutnya setelah kalian melakukan unmount sd card storage adalah mendownload dan menginstal aplikasi “aparted”, bagi yang belum punya bisa kalian cari di playstore ataupun melalui google search, jika sudah kalian download silahkan kalian instal seperti menginstal aplikasi biasanya. Tidak jumpa aplikasi nya? Klik DISINI.
  • Jika sudah benar-benar selesai terinstal di ponsel android kalian, sekarang silahkan kalian buka aplikaksi aparted tersebut, setelah itu maka akan ada gambar tombol +(berwarna hijau) dan juga tombol –(berwarna merah), silahkan kalian klik tombol berwarna + berwarna hijau sampai muncul part 1, part 2, part 3(berarti sebanyak 3x klik tombol tersebut). Tahap ini berfungsi untuk membuat partisi(Kami sarankan 3x karena jumlah ini, merupakan jumlah yang optimal) berarti sekarang partisi pada sd card kalian sudah menjadi terbagi 3 bagian atau 3 ruang.

Menambahkan Memori Internal Android

Baca Juga  Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Charger HP Kamu!





Baca Juga  SIMPEL BANGET! Begini Cara Cek HP SAMSUNG ASLI ATAU PALSU
  • Langkah berikutnya adalah mengubah format dari masing-masing partisi dari sd card atau kartu memori kalian tersebut. Untuk format pada partisi yang pertama silahkan kalian ubah menjadi Fat32, lalu untuk format partisi yang kedua kalian pilihlah Ext2, dan untuk partisi yang terakhir atau yang ketiga silahkan kalian pilih untuk format swap.
  • Selanjutnya setelah mengatur format dari masing-masing bagian partisi sd card atau kartu memori pada perangkat android kalian, sekarang saatnya menyesuaikan atau mengatur ukuran dari masing-masing bagian partisi, untuk ukurannya seperti berikut :

->Partisi Pertama(Fat32) : 75% dari kapasitas kartu memori atau sd card, partisi pertama berfungsi seperti sd card biasa, untuk menyimpan file-file gambar, musik, video, aplikasi, dll.

->Partisi Kedua(Ext2) : 20% dari kapasitas kartu memori atau sd card, partisi inilah yang akan berfungsi untuk dijadikan memori internal dari perangkat android kalian.

->Partisi Terakhir(Swap) : 5% dari kapasitas kartu memori atau sd card, partisi swap atau partisi ketiga ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja ram agar semakin optimal.

Catatan: untuk langkah ke7-ke9 ini Kami sarankan seperti pengaturan diatas, karena pengalaman pribadi dulu pernah membuat 80% untuk partisi kedua atau untuk internal selain itu juga memori yang Kami gunakan masih class rendah, sehingga membuat smartphone android mudah lag(lola/macet-macet) meski internal jadi bertambah banyak.

  • Lalu langkah yang terakhir adalah simpan pengaturan diatas tadi, caranya adalah dengan cara klik tombol titik-titik tiga yang berada dibagian pojok paling kanan atas, setelah itu akan muncul 2 pilihan, Keluar danTerapkan Perubahan, tentunya silahkan kalian pilih yang kedua yaitu terapkan perubahan, jika muncul peringatan data pada sd card akan dihapus kalian klik ok saja lalu tunggu beberapa saat proses berjalan, jika sudaha selesai silahkan restore atau reboot ponsel android sobat.

Dengan begitu selesailah sudah, dan selamat memori internal android kalian sudah bertambah lebih besar dari sebelum nya sesuai dengan pengaturan diatas yang telah kalian terapkan.

Jadi itulah hasil dari pembahasan kita tentang Cara Menambahkan Memori Internal Android, jangan sungkan untuk berkomentar untuk membahas nya lebih lanjut jika ada yang tidak paham. Jika kamu suka dengan artikel ini silahkan share ke teman teman nya dan pantau terus perkembangan situs kami serbaviral.net dengan cara mendapatkan update melalui kolom subscribe yang berada di kolom sidebar diatas atau jika menggunakan HP kolom nya terdapat di bawah ini. Lebih dan kurang kami mohon maaf, wasalamualaikum wr wb.

Lihat Artikel Lain nya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
error: Ups ga boleh copas !!