fbpx
Serba Viral
Semua yang viral ada disini

Cara Instal, Aktivasi, dan Delete Plugin di WordPress

Halo Sobat Viral, jumpa lagi bersama kami yang selalu ingin viral. Serba viral kali ini akan membahas bagaimana Cara Instal, Aktivasi, dan Delete Plugin di WordPress. Seperti yang telah kita ketahui, WordPress merupakan sebuah platform yang sangat berguna bagi kita yang ingin membangun website secara instan.

WordPress merupakan salah satu CMS yang paling banyak digunakan ini mempunyai fitur Plugin untuk mempermudah kita membangun sebuah website. Tanpa sebuah plugin, website kita terasa hambar dan sangat susah untuk di bangun, begitulah gambaran nya. Untuk itu mari kita mulai saja Cara Instal, Aktivasi, dan Delete Plugin di WordPress:

Pilih menu Plugin pada Dashboard

Cara Instal, Aktivasi, dan Delete plugin di WordPress

Setelah memilih menu Plugin, disana terdapat pilihan ‘Add New’. Sebelum menginstal Plugin, kita harus menambah plugin dulu di Add New. Untuk masuk kehalaman Dashboard kamu harus login dulu ke wp-admin di cPanel kamu.

Search/upload Plugin yang di inginkan

Cara Instal, Aktivasi, dan Delete plugin di WordPress

Jika kamu sudah membuka halaman Add Plugin, silahkan search nama Plugin yang ingin kamu Instal. Atau kamu bisa juga mengupload plugin yang telah kamu download dari website WordPress.org

Setelah search nama Plugin, kamu akan menemukan plugin yang memiliki nama dan fungsi yang hampir sama, kamu tinggal memilih plugin mana yang kamu butuhkan.

Instal Plugin Pilihan Kamu

Cara Instal, Aktivasi, dan Delete plugin di WordPress

Sebagai contoh disini saya mengetikan ‘SEO’ di kolom Search Plugin. Muncul lah Plugin diatas. Setelah plugin muncul klik ‘Instal Now’ untuk memulai instalasi dan tunggu dengan sabar karna Plugin sedang di download dan di Instal oleh server.

Aktivasi Plugin

Cara Instal, Aktivasi, dan Delete plugin di WordPress

Setelah instalasi sukses, maka akan muncul kembali tombol ‘Instal Now’ tadi tetapi berubah teks menjadi Activate dan berkolom biru. Klik untuk mengaktifkan.




Baca Juga  Pengertian dan Manfaat BlogWalking Bagi Pemula

Setelah aktivasi sukses, maka akan muncul Menu baru dari plugin yang kita instal tadi. Klik menu tersebut lalu akan muncul Halaman tentang plugin yang telah kita instal tadi. Hasil nya seperti yang dibawah ini:

Cara Instal, Aktivasi, dan Delete plugin di WordPress

Delete Plugin

Setelah menginstal sebuah plugin dan kamu tidak merasakan manfaat dari plugin tersebut, silahkan Delete saja plugin yang kamu tidak suka, karena jika tidak di Delete akan memperberad page load website kamu, semakin banyak plugin mempengaruhi berat atau ringanya website kamu. Begini cara Delete plugin:

Cara Instal, Aktivasi, dan Delete plugin di WordPress

Pertama-tama masuklah terlebih dahulu ke menu Plugin >> Installed Plugins. Lalu akan muncul pilihan plugin-plugin yang telah terinstal. Pilih plugin yang hendak di delete, jika plugin sedang aktif, maka klik dulu Deactive.

Setelah menonaktifkan plugin tersebut, barulah kalian dapat mendelete Plugin tersebut.

Cara Instal, Aktivasi, dan Delete plugin di WordPress

Setelah kamu mengklik tombol Delete, maka akan muncul Pop up peringatan untuk mengingatkan apakah kamu yakin untuk mendelete Plugin tersebut? Klik Oke untuk melanjutkan. Maka hasil nya seperti ini:

Cara Instal, Aktivasi, dan Delete plugin di WordPress

Plugin telah sukses di delete dari koleksi.

 

Mungkin segitu dulu untuk tutorial kali ini, silahkan Share ke teman-teman kalian di sosial media untuk terus menyemangati kami membuat postingan yang lebih bermanfaat bagi sejuta umat. Sekian

Lihat Artikel Lain nya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
error: Ups ga boleh copas !!