fbpx
Serba Viral
Semua yang viral ada disini

Belajar Dasar – Dasar Photoshop

Dalam pembahasan kali ini, kita akan ngebahas buat kamu yang ingin belajar photoshop buat pertama kali nih. Belajar Dasar – Dasar Photoshop sangat dianjurkan untuk para pemula yang ingin mempelajari photoshop, untuk kalian yang mau Belajar Tools-Tools Photoshop klik disini, karena pada artikel ini hanya ngebahas fungsi dasar buat yang benar-benar pemula. Photoshop bukanlah aplikasi yang mudah di pelajari untuk pemula, karena didalam photoshop terdapat banyak tools, filter, dan efek yang harus dikuasai, walaupun tidak harus menguasai semua tetapi kalian harus tau fungsi-fungsinya. Kunci sukses mempelajari photoshop adalah, kita harus mengerti fungsi dari masing-masing tools, tombol apa saja yang di gunakan, dan lain sebagainya. Dengan memahami itu, diharapkan kamu dapat bisa mengkreasikan suatu foto ataupun gambar untuk di desain sesuai imajinasi kamu.

Mari langsung saja kita masuk ke pembahasan nya.

Workspace Photoshop (Area Kerja)

Belajar Dasar – Dasar Photoshop Pada kasus ini kita membuka Adobe Photoshop CS 6, Ketika kalian membuka photoshop kalian akan melihat sebuah workspace seperti diatas. Terdapat beberapa menu yang sudah saya lingkari yang nanti nya akan kita bahas.

  1. Menu Bar
  2. Option Bar
  3. Tool Box
  4. Panel
  5. Kanvas

 

Menu Bar

Didalam menu bar terdapat beberapa opsi pilihan yang memiliki fungsi nya masing masing, seperti filter untuk memberikan efek dan file untuk membuka dan menyimpan file baru. Berikut ulasan nya:

  1. File, Berkaitan dengan manajemen file seperti membuka file, menyimpan file, cetak file dan lain lain.
  1. Edit, Menu edit teridiri dari redo undo cut copy paste fill stroke dan lain lain yang berguna untuk pengeditan.
  1. Image, Berisi tentang perintah image untuk mengatur hue/saturation, brightness/contrast, merubah ukuran gambar dan merubah ukuran kanvas.
  1. Filter, Filter digunakan untuk memberi efek tertentu pada image. Beberapa sub menu pada filter yaitu artistic, blur, distort, dan lain-lain. Bila kamu memasang suatu plugin, plugin tersebut akan tampil di menu filter ini.
  1. 3D, Menu 3D merupakan sebuah pilihan untuk membuat suatu object menjadi bentuk yang 3D, perlu mendalami lebih lanjut untuk memahami fungsi menu 3D karena jika hanya sekedar memakai fungsi 3D hasil nya tidak maksimal.
  1. View, Untuk mengatur zoom in zoom out, membuat guide dan penggaris.
  1. Window, Berfungsi untuk mengatur tampilan workspace photoshop. Seperti menyembunyikan dan menampilkan suatu panel yang kita inginkan.
  1. Help, Tanpa saya beritahu kalian juga tahu fungsi nya.

*note : beberapa menu bar tidak saya bahas karena yang tidak dibahas itu memang sangat jarang digunakan oleh beberapa editor/desainer grafis.

Option Bar

Option bar terletak pada bagian bawah nya menu bar. Option bar ini berfungsi untuk menunjukan opsi setingan untuk tools yang kita pilih dari Tools Box. Di option bar ini kita bisa merubah setingan yang kita inginkan sebelum menggunakan tools. Jika kita mengubah tools yang kita gunakan, option bar juga ikut berubah sesuai fungsi tools yang kita gunakan. Sebagai contoh saya menggunakan Brush Tool yang terdapat pada tools box. Belajar Dasar – Dasar Photoshop Ketika kita memilih brush tool pada tools box, option bar langsung ikut berubah dan kalian bisa seting sesuka hati sebelum menggunakan brush, Begitu pula dengan tools lain nya.  

Tool Box

Tool box merupakan bagian penting dalam editing di photoshop, tool box berisi berbagai macam tools untuk membuat atau mengedit gambar. Untuk menggunakan nya, kamu hanya cukup mengklik icon yang tersedia di tool box ataupun menekan tombol shortcut pada keyboard. untuk memunculkan opsi pada tools box kalian hanya perlu klik kanan pada icon untuk memunculkan nya. berikut nama-nama tools yang ada di tools box: Belajar Dasar – Dasar Photoshop Didalam tool box terdapat sub tools, dengan klik kanan maka akan keluar fungsi lain dari tools tersebut. Dalam pembahasan kali ini tidak dijelaskan secara rinci fungsi dari tools box. Simak disini untuk belajar fungsi dari tool box.    




Baca Juga  Fungsi-Fungsi Toolbox Photoshop

Panel

Panel merupakan menu yang berada di samping kanan layar. Secara umum, panel terbagi kedalam 3 bagian yaitu:

  1. Color/swatches
  2. Adjustments/style
  3. Layer/channel/path

Belajar Dasar – Dasar Photoshop Panel-panel tersebut akan berubah sesuai keinginan kamu, view panel tersebut bisa di setting. Namun disini saya tidak akan ngebahas panel 1 per satu melainkan saya hanya membahas panel Layer saja. Panel layer merupakan tempat dimana kita mengatur semua hal yang berhubungan dengan layer. Seperti menambah atau menghapus layer, layer mask, adjustment layer, blending mode, group layer, dan lain sebagainya.

Bagian-Bagian pada Panel Layer

Berikut merupakan penjelasan fungsi dari masing – masing pilihan yang ada pada panel layer.

  1. Layer, Layer merupakan object/bahan kita mengedit. Jika kita menghapus nya maka object yang ada di kanvas akan hilang.
  2. Eyeball / Visibility, fungsi nya adalah menyembunyikan atau menampilkan layer yang kita pilih, cara kerja nya cukup dengan menekan icon mata.
  3. Lock bar, berfungsi untuk mengunci suatu layer. Cara kerjanya klik icon transparent(kotak-kotak) untuk mengunci transparancy, icon kuas untuk mengunci gambar, icon panah untuk mengunci posisi, icon gembok untuk mengunci semua opsi.
  4. Blending Mode, berguna untuk memberikan efek terhadap layer yang berada diatas suatu layer, terdapat softlight, overlay, color, multiply dan lain lain.
  5. Opacity, berguna untuk mengatur tingkat transparan suatu layer/object yang kamu edit.
  6. Fill, berguna untuk mengatur tingkat transparant suatu layer/object juga, namun tingkat transparant di fill ini tidak mempengaruhi style layer.
  7. Link layer, berfungsi untuk menghubungkan layer-layer. Cara kerja nya dengan mengklik beberapa layer dan klik icon ini.
  8. Layer Style, untuk memberikan beberapa style pada layer yang dipilih, seperti stroke, drop shadow, dan lain lain.
  9. Layer mask, untuk menampilkan layer dalam mask.
  10. Adjustment layer, untuk memberikan efek ataupun merubah warna pada layer yang ada di bawah nya, tanpa merubah layer asli.
  11. Create Group, fungsi nya untuk menggabungkan beberapa layer kedalam sebuah grup agar tidak kelihatan berantakan aja sih fungsi nya.
  12. New layer, berfungsi untuk membuat layer baru.
  13. Delete layer, berfungsi untuk mendelete suatu layer.

 

KANVAS

Belajar Dasar – Dasar Photoshop Kanvas merupakan tempat dimana kita melihat hasil kerja kita, tempat dimana kita dapat melihat efek atau pun tools yang telah kita gunakan. Jadi, editan kalian akan terlihat di layar kerja ini.     Mungkin sekian dulu tutorial kali ini tentang Belajar Dasar – Dasar Photoshop. Jika kalian suka dengan postingan ini silahkan share ke teman-teman kalian untuk membangun website ini dan menyemangati kami untuk membuat artikel baru 🙂

Lihat Artikel Lain nya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
error: Ups ga boleh copas !!